Sebanyak 555 dari 560 anggota DPR periode 2014-2019 dilantik. Pelantikan dipimpin Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali. Sumpah pelantikan dibacakan Hatta Ali dan diikuti 555 anggota dewan yang berdiri di kursinya masing-masing di Gedung Nusantara I, Rabu (1/10/2014).

Dengan suara agak bergetar, Hatta membacakan sumpah dan janji anggota DPR periode 2014-2019 yang diikuti seluruh anggota.

“Saya berjanji, sebagai anggota DPR dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila, dan UUD 45 bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh dengan tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, daripada kepentingan pribadi seseorang dan golongan. Bahwa saya, akan memperjuangkan aspirasi rakyat yag saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia”

Setelah pembacaan sumpah, mereka menandatangani berita acara sumpah janji.

Pelantikan dipimpin oleh anggota DPR periode 2014-2019 tertua Popong Otje Djundjunan (75) dari Partai Golkar dan anggota DPR termuda Ade Riski Pratama (26) dari Partai Gerindra. Dalam sambutannya, Popong mengatakan pelantikan berlangsung secara terbuka.

Pelantikan ini juga dihadiri Presiden dan Wakil Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Boediono. (Yus/l6/ind)