Indopolitika.com – Rektor Universitas  Muhammadiyah Surakarta Bambang Setiaji mengklaim bahwa mayoritas tokoh senior Muhammadiyah mendukung Joko Widodo. Hal tersebut dikatakan Bambang untuk menepis pernyataan Amien Rais yang mengatakan 80 persen warga Muhammadiyah mendukung calon presiden nomor urut satu, Prabowo Subianto.

“Orang boleh saja bilang begitu. Setahu saya para senior ke beliau (Jokowi),” kata Bambang di Hotel Sunan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (20/6).

Tokoh Muhammadiyah lainnya, Abdul Munir Mulkhan mengatakan bahwa keputusan untuk memilih presiden berada pada pribadi masing-masing warga Muhammadiyah. Meski demikian, Munir menyebut 90 persen warga Muhammadiyah telah menjatuhkan pilihannya pada Jokowi.

“90 persen ke nomor dua (Jokowi), sisanya ke nomor satu (Prabowo),” ucapnya dalam kesempatan yang sama.

Sementara, Jokowi sendiri menyambut baik dukungan dari tokoh-tokoh senior Muhammadiyah itu. Mantan wali kota Solo tersebut yakin, dukungan itu akan berdampak signifikan pada peningkatan elektabilitasnya di Jawa Tengah.

“Kalau atasannya dukung, nanti yang akar rumputnya juga ikut,” kata dia.

Sebelumnya, Jokowi menjadi salah satu pembicara dalam talkshow bertema ‘Peran antar Elemen Bangsa; Dulu, Kini dan Mendatang.’ Acara tersebut diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta di Hotel Sunan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (20/6). (rep/ind)