Setelah membacakan ikrar pencalonan, politisi Partai Golkar Ade Komarudin menyatakan siap bertarung dalam pemilihan calon ketua umum Partai Golkar.

Kontestasi tersebut akan dilangsungkan saat penyelenggaraan musyawarah nasional mendatang.

“Dengan mengucapkan bismillahirahmanirahim, pada malam hari ini saya menyatakan siap maju sebagai calon ketua umum Partai Golkar dalam munas yang akan datang,” kata Ade di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta, Jumat (11/3/2016) malam.

Ade mengatakan, munas yang akan diselenggarakan ke depan harus dimanfaatkan sebagai ajang rekonsiliasi Golkar. Sebab, selama lebih dari setahun terkahir Golkar mengalami konflik internal yang tajam.

Ketua DPR RI itu mengatakan, Partai Golkar akan menghadapi tantangan yang besar dalam waktu dekat. Salah satunya dalam menghadapi penyelenggaraan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2017.

“Dan pada ujungnya adalah momen besar Pemilu Nasional 2019. Jika kita bersatu, saya yakin Partai Golkar akan merebut kembali kejayaan yang membanggakan kita semua,” kata dia.

Anggota tim sukses Ade, Mukhamad Misbakhun sebelumnya menyatakan, ada 420 DPD I dan II yang telah menyerahkan surat dukungan kepada Ade untuk mencalonkan diri saat munas.

Jika merujuk pada ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), jumlah tersebut dipandang cukup untuk mencalonkan Ade.

Syarat minimal yang harus dikantongi setiap calon yakni mendapat 30 persen dukungan DPD I dan II. (kps)