Jakarta, INDOPOLITIKA.COM — Dibesutnya Mayor Agus Harimurti Yudhoyono menjadi calon gubernur DKI Jakarta menjadi magnet tersendiri dalam perhelatan pilkada serentak 2017 ini. Bagaimana tidak, putera presiden ke-6 itu rela meninggalkan karier militernya demi pilkada DKI Jakarta. Ini tentu bukan sekadar untuk meramaikan tetapi hasil kalkulasi politik yang matang. Demikian kesimpulan diskusi bertajuk “Pilkada Serentak 2017, Ada Magnet Di Jakarta” yang digelar Forum Pemerhati Pilkada Jakarta di sebuah caffe di kawasan Blok M (24/10) malam.

Agusta SB Koordinator forum ini menyatakan dibesutnya Agus atau kini ditenarkan dengan akronim AHY adalah signal jelas dari Cikeas kepada penguasa sekarang bahwa kekuatan politik besar akan segera bangkit.

“Pilkada DKI memang stepstone menarik sebagaimana Jokowi melakukannya kemaren, menang kalah di Pilkada DKI adalah investasi politik yang telah dihitung,” demikian ujarnya.

Sementara nara sumber lain dalam diakusi tersebut, Veri Arifuzzaman dari Lembaga Survei Konsep Indonesia menyatakan kemunculan Agus memang memghenyakkan.

“AHY saat pertama dimunculkan cukup memberi efek kejut, ini menarik. Terbukti dalam beberapa survei yang dirilis beberapa lembaga kemudian menunjukan itu. AHY ini bisa merepotkan incumbent, apalagi jika menjalani pertempuran pilkada ini dengan nothing to loose,” demikian ujar Veri. (ind)