Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok) mengklaim Partai Hanura akan mendukung dirinya dalam pencalonan Pilgub DKI 2017. Sebelumnya, NasDem juga sudah menyatakan dukungan kepada Ahok yang memilih maju lewat jalur independen ini.

Menanggapi argumen Ahok tersebut, Politisi Partai Hanura Sarifuddin Sudding mengaku belum tahu terkait keputusan dukungan itu. Dia beranggapan mungkin Ahok sudah membuka komunikasi dengan Ketua Umum (Ketum) Partai Hanura Wiranto.

“Ketika Ahok menyampaikan statement seperti itu bisa jadi sudah ada pembicaraan dengan ketum. Bisa jadi. Kalau di Hanura selalu apa yang dikatakan ketum harus dilaksanakan,” kata Sudding di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/3)

Namun, menurut Sudding, saat ini partainya belum mempersiapkan keputusan resmi. Meski begitu Sudding mengakui bahwa Ahok lolos beberapa syarat untuk diusung Hanura.

“Akseptabilitas, dapat diterima masyarakat, kapabilitas, dan integritas itu syarat minimal yang selalu dilihat Hanura. Prasyarat itu ketika melihat dukungan masyarakat ke Ahok cukup signifikan. Menerapkan transparansi dalam pengelolaan anggaran. Integritas tidak ada kaitan dengan berbagai persoalan. Syarat minimal 3 sudah dipenuhi,” jelasnya.

Anggota Komisi III DPR ini memandang memang dalam mekanisme internal ada prosedur berlapis. Namun keputusan ketum di atas segalanya.

“Jangan dibilang tidak meleset kalau melihat prasyarat itu tapi keputusan akhir ada di ketum,” pungkasnya. (mdk)