Wakil Bendahara Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berharap partainya lebih proaktif dalam merespon dan mengkomunikasikan isu-isu yang aktual di masyarakat.

Menurutnya, harus diupayakan agar anggota legislatif yang terpilih benar-benar menjadi jembatan antara pusat dengan daerah.

Harapannya, agar Fraksi PG di setiap tingkatan lembaga legislatif menjadi etalase kerja politik partai dalam memperjuangkan aspirasi politik dan politik anggaran.

“Partai yang kuat harus ditunjang pula oleh fraksi yang kuat,” ujarnya saat Diskusi Panel Nasional dan temu kader PG yang digelar Forum Komunikasi Ketua DPD PG Provinsi seluruh Indonesia, di Yogyakarta, Minggu (7/9).

Terkait pertarungan pilkada dan pileg, PG harus memastikan pemetaan berbasis data terhadap kondisi dan kesiapan kader.

Selain itu, kata Airlangga, PG ke depan perlu memperjuangkan pemberlakuan sistem pileg yang lebih adil bagi kader-kader yang telah menapaki karir politiknya dari bawah.

Sementara desentralisasi partai dirasakan perlu guna mewujudkan rekrutmen yang lebih aspiratif. Caranya, dengan memberikan kewenangan yang lebih besar bagi kepengurusan partai di DPD I dan DPD IIĀ  dalam penentuan calon untuk pileg dan pilkada. (jp/ind)