Indopolitika.com – Relawan Gerakan Rakyat untuk Jokowi-JK (Gerak) resmi dibentuk bertepatan dengan peringatan Hari Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni.

Kalangan aktivis nasional dari berbagai elemen ikut bergabung dalam Gerak. Mereka antara lain mantan aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Pro Demokrasi, Repdem  serta sejumlah mantan aktivis di Jawa Barat, forum lintas agama, elemen buruh yang terdiri dari SPSI, SBSI, termasuk kalangan akademisi dan perwakilan mahasiswa serta pengamen jalanan Bandung.

“Pilpres 2014 adalah pertarungan ideologi kebangsaan, kami melihat Jokowi-JK merupakan sosok yang menjaga prinsip-prinsip Pancasilais,” ujar koordinator relawan Gerak, Abdy Yuhana dalam sambutannya sebelum deklarasi di Gedung Indonesia Menggugat (GIM) Bandung, Minggu malam (1/6).

Pihaknya yakin pasangan capres-cawapres yang diusung PDI Perjuangan, PKB, Hanura, Nasdem dan PKPI, itu bisa memenangkan Pilpres 9 Juli nanti.

“Kita bisa melihat siapa di sana siapa disini. Ini membuat kita yakin, jika capres pilihan kita punya rekam jejak yang jelas. Ini membuktikan siapa yang lebih siap,” ujarnya lagi.

Lebih lanjut Abdy mengatakan, dalam acara deklarasi tadi malam juga ada pemberian petisi Pancasila kepdaa tim sukse pemenangan dari pusat yang diwakili Andreas Parera. Selanjutnya masing-masing elemen diberi kesempatan berorasi untuk pemenangan Jokowi-JK. (ris/ind/rm)