Ketua DPR Ade Komarudin melantik Alfia Reziani, dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah V, menggantikan Puan Maharani yang saat ini menjadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Pelantikan tersebut dilakukan di dalam rapat paripurna DPR, Alfia membacakan sumpah dihadapan seluruh anggota DPR yang hadir dalam Rapat Paripurna tersebut.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya, sebagai dewan perwakilan rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman kepada pancasila dan UUD tahun 1945,” katanya saat membacakan sumpah di Rapat Paripurna DPR, Jakarta, Kamis (17/3).

Alfia juga bersumpah dalam menjalankan kewajibannya akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, dari pada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan.

Dia juga berjanji akan memperjuangkan aspirasi masyarakat yang diwakilinya untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Setelah membacakan sumpah tersebut, Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengucapkan selamat kepada Alfia yang telah bergabung di DPR dan diharapkan bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Sebelumnya PDIP juga mengganti dua kadernya di DPR yang dipercaya menjadi menteri oleh Presiden Joko Widodo. Keduanya adalah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumulo yang digantikan Tuti Roosdiono dan Sekretaris Kabinet Pramono Aning yang digantikan oleh Eva Kusuma Sundari.

Sumber : Antara