Tokoh reformasi, Prof Amien Rais, menegaskan Indonesia harus berhati – hati, karena mafia bisnis yang ada dibelakang presiden terpilih Jokowi mulai bermanuver.

“Mafia bisnis Jokowi semakin ugal – ugalan,” imbuhnya, saat memberi pembekalan pada para anggota DPR terpilih dari koalisi merah putih di Jakarta, Jumat (26/9).

Masyarakat Indonesia diimbaunya untuk selalu mengawasi dan memperhatikan berbagai kebijakan pemerintah nantinya. Jika nanti ada yang bertentangan dengan konstitusi maka tentu harus diambil tindakan.

Menurutnya, sekarang ini Jokowi dan antek yang ada di belakangnya sedang bermanuver merubah Indonesia dari negara berdaulat menjadi negara korporasi. Apa saja yang ada di negeri ini, termasuk kekayaan alam didalamnya, akan dikomersilkan. “Kita harus waspada,” imbuhnya

Amien menyebut KMP akan menjadi sparing partner bagi pemerintahan Jokowi. Dia berjanji akan mengawasi terus pemerintahan Jokowi. “KMP harus solid mengawasi Jokowi-JK, saya menduga mafioso bisnis akan makin ugal-ugalan menggadaikan kekayaan kita ke luar negeri,” tuding Amien.

Amien Rais membandingkan kondisi saat ini dengan saat Indonesia dijajah VOC abad ke-17. Menurutnya baru satu perusahaan sudah bisa membuat Indonesia jadi bangsa kuli. Kini banyak perusahaan milik VOC di Indonesia. “Pak Prabowo sepakat dengan saya. KMP adalah benteng terakhir kedaulatan Indonesia,” kata Amien. (rep/ind)