Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengalokasikan anggaran sebesar Rp 150 juta untuk tes kesehatan bagi sepasang bakal calon presiden dan calon wakil. Biaya tes per orang Rp 75 juta.

Ferry Kurnia Rizkiansyah, anggota KPU, mengatakan, biaya yang dikeluarkan KPU ini untuk mengganti pemasukan yang seharusnya diterima rumah sakit. KPU telah menunjuk RSPAD Gatot Soebroto sebagai lokasi tes kesehatan pasangan bakal capres-cawapres.

“Rp 75 juta per orang dan itu sudah all in (pemeriksaan menyeluruh),” kata Ferry di Instalasi Medical Check Up RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Kamis (22/5/2014).

Selama pelaksanaan tes kesehatan, layanan medical check-up di RSPAD Gatot Soebroto tertutup untuk umum. Hal itu dilakukan agar proses pemeriksaan kesehatan tidak terganggu.

“Kami yang minta agar di-block,” ujarnya.

KPU menjadwalkan pemeriksaan kesehatan dua pasang bakal calon presiden dan calon wakil presiden selama dua hari, Kamis (22/5/2014) dan Jumat (23/5/2014). Hari ini, pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla menjalani tes kesehatan. Sementara itu, pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dijadwalkan pada Jumat besok. (Ind/kps)