Indopolitika.com Pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla kembali mendapatkan dukungan dari peserta konvensi capres Partai Demokrat, yaitu Hayono Isman. Peserta lain yang telah menyatakan dukungannya adalah Anies Baswedan dan Dahlan Iskan.

“Saya Hayono Isman, secara pribadi beserta istri dan anak, menyatakan dukungan memilih dan mendukung Jokowo-JK,” kata Hayono di Posko Jenggala Center, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (1/7/2014).‎

Dengan didampingi sang istri, Poppi Puspitasari dan 2 anaknya Baroto dan Mandira, anggota Komisi I DPR ini mengaku mendukung Jokowi-JK karena keduanya dianggap sosok yang mempunyai integritas dan rekam jejak yang baik.

Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat ini pun menyebut 4 alasan mengapa mendukung Jokowi-JK dibandingkan Prabowo-Hatta.

“Kenapa kita dukung Jokowi-JK? Ada 4 alasan. Beliau berdua ini tulus, jujur, bebas dari isu HAM dan korupsi, serta tidak kalah penting yaitu berumah tangga. Jadi itu 4 alasan yang mudah dicerna masyarakat,” ucap Hayono.

Hayono mengatakan, Demokrat sampai saat ini tidak menentukan dukungan kepada capres-cawapres tertentu, walaupun sebagian besar dukungan dan ada instruksi dari Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk mendukung pasangan Prabowo-Hatta.

Karena itu, ia menegaskan tidak ada pihak mana pun yang dapat melarangnya untuk memberikan dukungan kepada Jokowi-JK.

“Saya katakan tadi, tidak ada satu pun kader Demokrat jadi capres-cawapres. Jadi tidak ada kewajiban dukung capres tertentu. Karena nggak ada kewajiban, biarkanlah kader dan anggota partai tentukan pilihan sendiri,” tandas Hayono.

Sebelum Hayono, politisi Demokrat yang menyatakan dukungannya kepada pasangan Jokowi-JK adalah Ruhut Sitompul. Ruhut mengaku siap menjadi herder bagi Jokowi-JK.

Ruhut mengakui,  selama ini selalu diibaratkan sebagai herder karena pernyataan-pernyataannya yang keras. Seperti ketika menjabat sebagai Ketua Bidang Luar Negeri KNPI, Ruhut mengaku menjadi herder bagi Ketua Umum KNPI saat itu Tjahjo Kumolo dari serangan. Begitu juga saat menjadi kader Partai Demokrat, ia menjaga SBY layaknya herder.

Herder adalah anjing ras gembala dari Jerman atau German Shepherd. Anjing ini berbadan besar dan mempunyai kemampuan untuk dilatih sebagai penjaga rumah maupun pelacak. Sangat populer di dunia sebagai anjing penjaga. (l6/ind)