Indopolitika.com  Rektor Universitas Paramadina, Anies Baswedan, hadir dalam Deklarasi Dukungan Untuk Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI, Joko Widodo-Jusuf Kalla di Gor C-Tra Arena, Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/5/2014), yang digagas mantan pejuang 1945 dari Jawa Barat, Solihin GP.

Anies mengatakan, antusiasme warga Jawa Barat terhadap figur Jokowi-JK sangat besar. Dia optimistis pasangan yang diusung lima partai yakni, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Nasdem, Partai Hanura dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) ini bisa meraih suara mayoritas di Jawa Barat.

“Saya yakin dengan dukungan pak Solihin GP dan ketulusan masyarakat Priangan dan Pasundan, kita akan bisa menang di Jawa Barat,” ucap Anies saat ditemui seusai deklarasi.

Anies yakin, sosok Jokowi-JK akan mampu menarik suara pendukung partai-partai di luar lima partai pengusung pasangan Jokowi-JK.

“Kita melihat peta pemilihan figur beda dengan konstelasi partai. Saya yakin sekali akan banyak pengikut partai-partai yang kemarin tidak memilih untuk mendukung partai yang mengusung pak Jokowi-JK tapi pada saat Pilpres mereka akan mendukung pak Jokowi,” tuturnya.

Lebih lanjut Anies menjelaskan, posisi Jawa Barat dalam Pilpres 2014 sangatlah penting. Menurutnya, Jawa Barat adalah provinsi penentu. “Setiap pemilu, setiap Pilpres siapa yang menang di Jawa Barat dia menang di nasional,” Anies menegaskan. (jjs/ind)