Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan mengibaratkan keunggulannya di Pilgub DKI 2017 versi hitung KPU DKI seperti pertandingan tinju.

Karenanya hasil tersebut membuat mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) semkain yakin, kemenangannya melawan petahana Basuki Tjahja Purnama ( Ahok) hanya tinggal menunggu hasil resmi dari KPUD DKI Jakarta.

“Insya Allah menang, bahkan diberi menang telak, kalau dalam tinju itu menang TKO,” ujar Anies dalam keterangannya, Senin (24/4).

Lebih lanjut, inisiator Indonesia Mengajar itu menuturkan, kemenangan telak itu adalah bentuk kerja keras para relawan dan keinginan warga Jakarta akan perubahan, serta tak ketinggalan karena adanya pertolongan dari Allah SWT.

“Karena itu harus menyadari bahwa ini pertolongan dari Allah, bagian ikhtiar, doa dan tawakal, berjalan di luar itu kontrol manusia,” tuturnya.

Namun euforia kemenangan ini tidak perlu sampai berlarut-larut. Bahkan Anies menekankan usai hasil diputuskan, warga Jakarta harus kembali bersatu untuk maju sekaligus meniadakan kebencian dan permusuhan serta perbedaan pikiran pasca Pilkada.

“Kita harus bersatu dan bekerjasama agar perubahan di Jakarta nanti dapat dirasakan semua bukan hanya sebagian,” pesannya.

Selain itu Anies juga menekankan akan fokus kepada seluruh program kerja, terlebih pada tiga program unggulan antara lain lapangan kerja, biaya hidup terjangkau serta pendidikan berkualitas. (ind)