Fraksi Golkar di Komisi III DPR RI mendukung keputusan politik Presiden Joko Widodo yang telah menetapkan Komjen Budi Gunawan sebagai calon tunggal Kapolri.

Menurut Bambang Soesatyo, Sekretaris Fraksi Partai Golkar dan Anggota Komisi III DPR, Komjen Budi Gunawan sebenarnya telah memenuhi kualifikasi sebagai kapolri. Paling tidak Calon Kapolriyang diajukan Jokowi pernah memimpin wilayah menjadi Kapolda dua kali.

“Golkar sendiri mendukung pencalonan Konjen Pol Budi Gunawan yang diajukan presiden sebagai Kapolri mengantikan Jenderal Pol Sutarman tersebut,” ungkap Politisi Golkar ini ketika dikonfirmasi Tribunnews.com, Minggu (11/1/2015).

Soal isu rekening gendut, tegas dia, komisi III DPR RI periode lalu sebenarnya sudah mendapat klarifikasi dari Bambang Hendarso Danuri (BHD), Kapolri ketika itu. “Bahwa yang bersangkutan sudah diperiksa institusi polri dan hasilnya clear,” kata Bambang Soesatyo.

Lebih lanjut terkait Fit and proper test Calon Kapolri kemungkinan akan digelar paling lama dua pekan depan. Apakah Komisi III bakal menyetujui dan menerima usulan presiden tersebut?

“Saya tidak tahu persis. Namun biasanya, menoleh kebelakang sejarah fit and proper calon kapolri maupun Panglima TNI di DPR, ujung-ujungnya DPR menerima juga usulan presiden itu,” jelasnya. (tbn)