Baru 8 bulan jadi wakil bupati Ciamis, tepatnya sejak dilantik 6 April 2014 lalu, Politisi PDI Perjuangan Jeje Wiradinata menyatakan akan mencalonkan diri menjadi bupati Kabupaten Pangandaran. Saat ini, 6 partai politik di Kabupaten Pangandaran telah mendeklarasikan kesepakatan koalisi untuk Jeje Wiradinata, sebagai Calon Bupati di Pilkada Pangandaran yang rencananya akan digelar September mendatang. 6 parpol itu adalah PDIP, Golkar, PPP, PKB, PKS dan Demokrat.

Usai acara deklarasi, di sebuah rumah makan di Kabupaten Pangandaran, Minggu (04/01/2014) malam, Jeje Wiradinata, mengatakan, meski koalisi belum resmi secara administrasi, namun secara subtansi 6 parpol ini sudah bersepakat mengusung dirinya sebagai Calon Bupati di Pilkada Pangandaran mendatang.

“Belum resmi secara administrasi artinya, seluruh parpol koalisi ini belum menerbitkan surat rekomendasi pengusungan calon bupati dari pengurus pusat (DPP), termasuk PDIP sendiri. Karena tahapannya di masing-masing parpol masih berproses,” ujarnya.

Namun demikian, lanjut Jeje, secara subtansi 6 parpol ini sudah bersepakat menjalin koalisi di Pilkada Pangandaran. “Artinya, kesepakatan ini dibangun dari daerah dulu. Ketika sudah sepakat mengusung saya dan wakil bupatinya nanti H. Adang Hadari, kemudian masing-masing parpol menjalin komunikasi dengan pengurus provinsi dan pusat untuk mengurus surat rekomendasi pengusungan saya sebagai Calon Bupati,” terangnya.

Menurut Jeje, 6 parpol yang berkoalisi ini, dari jauh-jauh hari sudah melakukan komunikasi dengan masing-masing pengurus parpolnya di tingkat provinisi dan pusat mengenai proses rekomendasi pengusungan tersebut. “ Insyaallah 6 parpol ini akan solid hingga pada waktu pelaksanaan nanti. Karena kami sudah memiliki kesamaan tujuan dan pandangan dalam membangun Kabupaten Pangandaran ke depan yang lebih baik,” ungkapnya.

Jeje mengatakan, meski dirinya sudah mendapat dukungan dari 6 parpol, namun belum menutup pintu bagi parpol lain untuk bergabung. “Masih terbuka lebar apabila ada parpol lain yang ingin masuk ke dalam koalisi kami. Kita sangat menunggu untuk bersama-sama membangun Pangandaran yang lebih baik,” ujarnya.

Menurut Jeje, selain membahas soal koalisi, dalam acara deklarasi itu pun dibahas juga soal strategi pemenangan dan konsolidasi ke masyarakat. “ Artinya, 6 parpol ini sudah mulai bekerja untuk mensosialisasikan saya sebagai calon bupati dan Pak Haji Adang sebagai wakil bupati ke simpul massanya masing-masing,” ujarnya. (hr/ind)