Belum lama ini, beredar foto Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di media sosial terkait dengan pertemuannya dengan pegiat media sosial di rumahnya di Pantai Mutiara, Jumat, 8 April 2016. Dalam foto tersebut, terdapat beberapa kaleng minuman beralkohol.

Foto tersebut disebar akun Twitter Roy Suryo. Lewat akun @KRMTRoySuryo, ia menuliskan, “Ini wajah-wajah ‘pegiat medsos’, silakan dicermati @KPK_RI. Ada dua foto, 1 disetting, 1 candid. Bedanya?”

Ahok—sapaan akrab Basuki—menganggap itu masih dalam taraf wajar. Adapun kedatangan pegiat media sosial tersebut, kata Ahok, hanya ingin bertemu untuk berkomunikasi tentang persoalan DKI Jakarta.

“Mereka mau datang ke rumah. Mereka mau ketemu, mereka kan pegiat sosial. Mereka punya banyak pertanyaan,” kata Ahok di Balai Kota seperti dilansir tempo, Senin, 11 April 2016.

Atas keinginan tersebut, Ahok mengizinkan pegiat media sosial tersebut datang ke rumahnya. Mereka diperkenankan menanyakan apa saja. “Nah, saya oke kalau mereka memang mau tanya macam-macam. Ketemu saya saja. Bebas tanya apa saja. Itu saja,” tuturnya.

Soal foto minuman kaleng beralkohol, Ahok mengakui bahwa foto tersebut benar adanya. Menurut dia, minuman tersebut memang tersedia di rumahnya, sama seperti jenis minuman lain. Apalagi merek minuman beralkohol tersebut adalah Anker.

Anker adalah merek bir yang diproduksi PT Delta Djakarta, badan usaha milik DKI Jakarta. Anker dibuat dengan proporsi campuran beras ke dalam fermentasi biji gandum (barley malt). Minuman tersebut pertama kali diperkenalkan sejak 1932. “Soal bir, di rumah saya memang punya bir. Karena itu produk Anker bir, sekalian promosi,” ujarnya.

Setidaknya ada 20 orang yang hadir di kediaman Ahok. Nama mereka tertera dalam daftar yang ditulis tangan dari petugas keamanan. Pertemuan tersebut digelar tertutup tanpa awak media.

“Saya sendiri enggak ngebir. Kulkas saya penuh. Kamu mau wine, bir, sirop, jus, di rumah saya tersedia. Jadi Anda mau bir, mau apa, silakan bertamu ke rumah saya. Tapi kalau kamu mabuk, gue tempeleng loh. Saya juga tahu difoto kok, saya taruh aja. Biar bagus dong, promosi Anker bir,” katanya. (ind)