Partai Demokrat (PD) mengadakan konsolidasi partai se-Sumatera di Turi Beach Resort, Nongsa, Batam, Sabtu malam ini (21/2).

 Batam dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan konsolidasi lantaran suasana politik Batam yang hidup.

“Batam akan menjadi episentrum baru politik Indonesia, khususnya di wilayah barat, ujar Hinca P Panjaitan

Selain itu, faktor geografis Batam juga mendukung pemilihannya sebagai lokasi penyelenggaraan konsolidasi. Batam berada dekat dengan Selat Malaka. Ia memegang peranan sebagai penjaga gerbang barat. Ia harus siap ber-’perang’ dengan negara lain.

“Batam memainkan peran yang besar. Dan Demokrat juga memainkan peran yang besar,” katanya lagi.

 Konsolidasi ini akan membahas dua hal besar. Pertama, konsolidasi partai ke dalam demi memenangkan Pilkada. Kedua, konsolidasi untuk memilih Ketua Umum PD periode baru.

 Konsolidasi pemenangan Pilkada dan Pemilu 2019 itu disebut dengan istilah Double Track Winner. PD berharap dapat memenangkan kedua pemilihan itu, baik pemilihan kepala daerah di akhir 2015 nanti atau pemilihan legislatif 2019.

“Tim Pilkada sudah kami siapkan. Jadi, selesai kongres, mereka dapat segera bekerja,” tuturnya.

 Hinca mengatakan, PD belum memastikan nama-nama yang akan diusung untuk Pilkada 2015. Jikapun ada, nama-nama itu bisa saja berubah. PD menetapkan tiga syarat dalam pemilihan calon.

 Syarat yang pertama adalah kemampuan atau kapabilitas. Syarat yang kedua adalah popularitas. Dan syarat yang ketiga adalah dana. Seorang calon harus mampu membiayai kampanye politiknya yang jumlahnya bisa saja tidak sedikit.

 Senada dengan Hinca, anggota Fraksi Demokrat DPRD Provinsi Kepulauan Riau Surya Makmur Nasution mengatakan, Rapat konsolidasi pengurus Partai Demokrat se-Sumatra dengan Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono di Batam membahas pilkada Desember 2015.

 “Ada dua agenda penting dalam konsolidasi ini. Pertama mendeklarasikan (dukungan) Pak SBY untuk kembali menjadi ketua umum, dan membahas permasalahan pilkada,” ujarnya.

 Menurut dia, pilkada merupakan agenda penting yang harus dibahas bersama dalam pertemuan tersebut. Pertemuan ini diharapkan melahirkan kesepakatan bersama untuk mengutamakan kader sebagai kandidat pilkada.

 Dalam pertemuan di Batam ini, lanjutnya diharapkan seluruh pengurus partai mengintensifkan proses pengkaderan.

 “Memang diakui Partai Demokrat harus meningkatkan proses pengkaderan sehingga tidak sulit untuk memenangkan pilkada,” katanya. (*/ind)