Bakal calon gubernur DKI Jakarta Yusril Ihza Mahendra memperkirakan bahwa dalam waktu dekat partai-partai politik dalam Koalisi Merah Putih akan bersatu pada Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017.

Ketua Umum Partai Bulan Bintang itu berharap agar partai-partai yang berdiri di luar pemerintahan tersebut akan bersekutu menaklukkan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dari jalur independen.

Menurut Yusril, gabungan partai itu akan berbicara dengan partai pemenang Pemilu 2014, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, untuk mendapat dukungan.

“Konsolidasi terus berjalan. Kalau enggak salah, dalam waktu dekat ini partai-partai KMP itu bisa bersatu dan kemudian akan bicara dengan PDI-P,” kata Yusril seusai mengikuti acara silaturahim Ikatan Parantauan Minangkabau (IPM) di Anjungan Minangkabau, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (10/4/2016).

“Jadi kalau sekiranya bermuara pada semua partai untuk bersatu menghadapi calon independen, itu akan lebih baik lagi,” kata Yusril.

Yusril mengharapkan semua partai bersatu untuk melawan Ahok. Bakal calon gubernur dari Partai Gerindra itu optimistis bisa menggaet dukungan dari partai-partai untuk melawan Ahok.

“Politik ini enggak ada yang mustahil. Segala sesuatu itu mungkin saja. Kalau segala sesuatu itu dikerjakan dengan sebaik-baiknya, akan bermuara seperti yang kita harapkan juga. Yang kita harapkan adalah semua partai politik bersatu menghadapi petahana (Ahok) yang didukung independen,” ujar Yusril. (kps)