Ketua DPC PDIP Kabupaten Konawe Selatan Abdul Malik mengatakan para pimpinan cabang partai itu di Provinsi Sulawesi Tenggara mendukung pencalonan Bupati Wakatobi Hugua dalam Pilkada 2018.

Menurut dia, para Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara (Sultra) mendukung Ketua DPD PDIP Sultra Hugua maju menjadi calon gubernur pada Pilkada Serentak 2018.

“Kami seluruh ketua dan kader PDIP kabupaten/kota sudah bersepakat untuk mendukung Hugua, kader PDIP sendiri untuk menjadi calon gubernur pada Pilkada serentak 2018,” kataya di Kendari, Selasa (10/2/2015).

Menurut dia, kesepakatan mendukung Ketua DPD PDIP Sultra Hugua untuk menjadi calon gubernur tersebut diambil saat para calon ketua DPC PDIP kabupaten/kota menjalani uji kepatutan pada Minggu (8/2) lalu.

Pada kesempatan tersebut, kata Abdul Malik, PDIP Sultra juga mendorong kader-kader terbaiknya untuk bertarung memperebutkan kursi bupati pada 11 kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak 2016.

“Di Konawe Selatan sendiri, kami sudah membuka pendaftaran calon bupati dan hingga saat ini sudah lima kandidat yang mendaftarkan diri,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPD PDIP Sultra Hugua yang saat ini masih menjabat bupati Wakatobi menyatakan kesiapannya untuk menjadi calon gubernur Sultra periode 2018-2023 dari PDIP.

“Sebagai kader dan Ketua DPD PDIP Sultra, tentu saya harus menyatakan kesiapan untuk maju pada pemilihan gubernur Sultra mendatang,” katanya di Kendari, Selasa.

Ia mengaku pengalaman menjadi Bupati Wakatobi selama dua periode sudah cukup menjadi modal utama dalam memegang pucuk pimpinan tertinggi di Provinsi Sultra.

“Saya sudah dua periode jadi bupati dan tidak salah kalau saya jadi gubernur. Setelah jadi bupati pasti arahnya kita ke sana, ke jabatan gubernur,” kata Hugua. (ant)