Partai NasDem telah menyatakan dukungannya untuk Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, untuk maju di Pilgub Jawa Barat 2018 mendatang. Meski senang dengan bermunculannya nama calon yang disebut akan maju di Pilkada Jabar 2018, Partai Demokrat tak ambil pusing karena sudah punya calon sendiri.

“Partai politik itu selalu berkomunikasi 24 jam, kapan saja. Dari 17 gubernur tentu Jabar salah satu di antaranya. Kami senang sudah bermunculan nama-namanya itu kan, tapi Demokrat juga menyiapkan calon-calonnya sendiri. Sabarlah tunggu, masih panjang lah (waktunya),” ujar Sekjen Demokrat, Hinca Panjaitan kepada wartawan di Djakarta Theater, Jakpus, Rabu (15/3).

Namun dia enggan menyebut siapa calon yang akan diusung Demokrat di Pilkada Jabar 2018. Menurutnya waktu yang akan dilalui sebelum perhelatan tersebut masih panjang.

“Aduh, pertandingan belum dimulai sudah tanya hasil akhir, biarkan dulu berjalan. Penjaringan baru kami buka Juni. Kami masing-masing DPD akan membuka penjaringannya di masing-masing daerah kita. Setelah selesai, mereka melaporkannya ke majelis tinggi partai dan memutuskan untuk (siapa yang akan jadi calon) gubernur. Kalau bupati, wali kota, cukup DPP nya,” kata Hinca.

Hinca mengatakan banyak tahapan yang harus dilalui partai sebelum mengumumkan calon gubernur pilihan mereka di Jawa Barat dan daerah lainnya.

“Kami sekarang kerja konsolidasi partai di daerah-daerah proses penjaringan. Nanti bulan Juni setelah kami rakernas bulan Mei. Ada tahapan-tahapannya, sabar ya,” ucapnya. (bbs/ind)