Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat kalah suara dari pesaingnya Anies Baswedan-Sandiaga Uno di tempat pemungutan suara (TPS) 027, Kebagusan. TPS itu merupakan lokasi Megawati Soekarnoputri mencoblos hari ini, Rabu (19/4).

Hasil perhitungan di TPS, Ahok-Djarot memperoleh 252 suara dan Anies-Sandi memperoleh 292 suara. Padahal di area sekitar TPS itu, menjadi salah satu basis pemenangan Ahok-Djarot.

Hal ini berbanding terbalik dengan putaran pertama pada 15 Februari lalu. Saat itu, Ahok-Djarot mendapat 254 suara dari total 553 suara. Sementara Anies-Sandi mendapatkan 207 suara

“Untuk TPS 027 dimenangkan pasangan Anies-Sandiaga. Semoga hasilnya dapat diterima,” ujar Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara 027, Ropiko Parida, Rabu (18/4).

Di TPS ini, ada 751 daftar pemilih tetap dan hanya 551 pengguna hak suara, dan tujuh  suara tidak sah karena mencoblos kedua pasangan.

Penghitungan suara itu dilakukan pukul 14.05 WIB dan disaksikan masyarakat. Reaksi dari pendukung kedua pasangan calon ditunjukkan saat satu per satu saat surat suara itu dibacakan.

Dari tepuk tangan hingga teriakan takbir saling bersambut di tengah penghitungan suara.

Meski demikian, keadaan menjadi hening saat penghitungan selesai dilakukan. Guyuran hujan seolah menemani raut kecewa yang terlihat di wajah pendukung Ahok-Djarot.

Saat KPPS tengah menghitung ulang perolehan suara di TPS 027, Megawati meninggalkan kediamannya bersama sejumlah pejabat lain seperti Ketua Umum PPP Djan Faridz.

“Masalah kalah menang belum selesai. Tunggu hitungan, belum tentu (kalah). Hitung dulu,” tutur Djan sesaat sebelum memasuki mobilnya.

Meski demikian, tidak diketahui ke mana tujuan mereka pergi. Pihak keamanan yang tengah berjaga juga tidak memberikan keterangan kepergian dari Megawati dan yang lainnya. (cnn)