Muhaimin Iskandar berpeluang terpilih kembali sebagai ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam muktamar partai itu yang akan digelar di Surabaya, 31 Agustus sampai 1 September 2014.

“Saya optimistis muktamirin akan secara aklamasi tetap mendukung Cak Imim. Suara cabang-cabang masih menghendaki beliau memimpin PKB,” kata Ketua DPP PKB Helmy Faishal Zaini di Jakarta, Senin, (18/8).

Helmy yang juga Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal mengatakan, Muhaimin Iskandar memiliki karakter kepemimpinan yang melekat kuat baik di elit maupun di basis.

Sebagai pemimpin partai berbasis NU, kata dia, Muhaimin memiliki dua keunggulan sekaligus yang tidak dimiliki kader lain., yakni merupakan keturunan pendiri NU dan sebagai tokoh aktivis yang berproses mulai dari bawah.

Dengan dua keunggulan tersebut, menurut Helmy, selama memimpin PKB Muhaimin terbukti berhasil mengorganisasi berikut menjembatani kepentingan warga Nahdliyyin dengan baik.

“Secara organisatoris Cak Imin juga yang mampu mengembangkan SDM kader partai hingga memperkenalkan kepada sistem kepartaian modern yang jauh lebih maju dari sebelumnya. Dalam konteks kepartaian saya bisa sebut beliau itu bapak kader,” katanya.

Helmy menjelaskan Muktamar PKB juga akan membahas program kerja selama lima tahun mendatang, membahas penguatan organisasi partai dan persiapan menghadapi pemilu serentak pada 2019. (ant/ind)