Palembang –  Mularis Djahri menghadiri pertemuan dengan beberapa kelompok Kota Palembang di Kelurahan Talang Kelapa Kecamatan Alang-Alang Lebar, Rabu 19 Juli 2017, Mularis memaparkan manfaat menabung bagi para pelajar, sebagai cara terbaik mendidik mengumpulkan bekal buat masa depan mereka, karena para palajar berada dalam masa keemasaan di mana semua kebiasaan menabung akan tertanam secara baik jika dilatih terus-menurus sampai akhirnya menjadi kebiasaan pada masa dewasa nanti.

Selain iitu, Calon Walikota Palembang ini juga mengatakan tidak ada kepastian seorang pelajar menegerti tentang uang dan menabung, namun sebaiknya dilakukan sedini mungkin dan terutama jika para pelajar sudah dapat menghitung harus diberikan kepercayaan untuk mengelola keuangan mereka sendiri dengan menanamkan kebiasaan baik terkait masalah keuangan.

Pengusaha Kota Palembang ini mecontohkan kebiasaan memberikan uang jajan pada pelajar sambil memberikan kepercayaan kepada mereka dengan sebuah celengan adalah benih baik untuk menumbuhkan kebiasaan baik menabung. “Nantinya mereka akan terbiasa menghitung kebutuhannya sendiri, termasuk menyisihkan sisa uang jajan ke dalam celengan mereka. Sehari bisa menyisihkan Rp. 500 coba kalikan jika setahun celengan mereka isi, akan mampu membantu orang tua untuk biaya pendidikan”, kata Mularis.

Selanjutnya, kata Ketua DPD Hanura Sumsel ini, target tabungan para pelajar akan semakin meningkat dari waktu ke waktu, seiring dengan peningkatan jumlah uang saku mereka. Ke depannya, untuk memenuhi kebutuhan yang lain, maka mereka tidak akan meminta kepada orang tua, tetapi berusaha sendiri untuk mewujudkannya. Jiwa gigih dan tekun siswa ini menjadi nilai tambah tersendiri dalam membangun kebiasaan menabung.

“Hikmah utama dari menabung ada soal perencanaan keuangan. Nanti ke depan, para pelajar yang mampu menyusun dan menjalankan perencanaan keuangan dengan baik akan hidup tertata. Jika semua direncanakan dengan baik maka hasilnya akan baik,” tutupnya.