Partai Golkar bakal memberi bantuan hukum kepada Ketua DPD I Golkar Jawa Barat Irianto MS Syafiuddin alias Yance yang ditangkap Kejaksaan Agung

“Golkar pasti siapkan bantuan hukum bagi siapapun kader yang terkena masalah hukum tanpa kecuali. Kita tidak mungkin membiarkan kader kami sendirian saat menghadapi masalah sulit,” kata politisi Golkar Bambang Soesatyo, Jumat malam (5/12).

Menurutnya, pendampingan hukum terhadap Yance sampai pembuktian bersalah atau tidak di pengadilan.

“Tentu kita semua terkejut karena momentumnya usai Munas,” kata Bambang.

Dia menambahkan, Golkar mendukung langkah penyidik Kejagunmg melakukan penahanan terhadap Yance asalkan demi penegakan hukum.

“Tapi, kalau itu upaya pembengkokan hukum dan bermuatan politik kita pasti akan membuat perhitungan. Kita tidak ingin kejaksaan dijadikan alat pukul politik,” jelas Bambang yang juga anggota Komisi III DPR.

Diketahui, Yance resmi ditahan pada siang tadi usai menjalani pemeriksaan di Gedung Bundar Kejagung setibanya dari Indramayu. Dia dijemput paksa dari rumahnya pada Jumat dini hari.

Yance ditetapkan sebagai tersangka sejak 13 September 2010 dalam dugaan korupsi pembebasan lahan seluas 82 hektare untuk pembangunan PLTU I di Indramayu. (rm/ind)