Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) resmi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Posisi wakil gubernur kini menjadi rebutan, terutama dari PDIP yang merasa posisi orang nomor dua di Jakarta itu menjadi haknya sepeninggal Joko Widodo yang menjadi Presiden.

Terkait hal itu, DPD PDIP DKI Jakarta telah sepakat mengajukan nama ketua mereka, Boy Bernadi Sadikin, untuk menjadi calon Wakil Gubernur DKI Jakarta.

“Kami dari DPD PDI Perjuangan sepakat untuk mengusung Pak Boy,” kata Ketua Fraksi PDI-P DPRD DKI Jhonny Simanjuntak, di Gedung DPRD DKI, Rabu (19/11/2014).

Namun, Jhonny menyatakan bahwa usulah itu harus terlebih dulu mendapat restu dari DPP PDIP sebelum akhirnya putra Ali Sadikin itu diajukan kepada Ahok.

“Mekanisme di partai kami itu, nanti DPP yang memutuskan. Kita usulkan ke DPP. Kalau DPP setuju, dikembalikan ke kami. Nanti kami yang ajukan (Boy Sadikin) ke Ahok,” terangnya.

Sesuai Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014, Ahok memiliki kewenangan untuk memilih sendiri wakilnya, maksimal dalam 15 hari. Jhonny berharap, Ahok memutuskan pilihannya pada Boy yang dinilai mampu membantu Ahok dalam membangun Jakarta.

“Jabatan gubernur kan jabatan politik, jadi Pak Ahok harus mendapat dukungan politik. Pak Boy itu orangnya luwes bergaul, jadi bisa merangkul banyak kawan,” kata Jhonny. (oz/ind)