Rapat Paripurna DPR yang dipimpin Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan di Gedung Parlemen Kamis (6/4) secara aklamasi mengesahkan 7 orang calon Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan 5 anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terpilih periode 2017-2022.

Ketua Rapat Paripurna Taufik Kurniawan menawarkan kepada peserta Sidang Paripurna, “ Apakah nama-nama calon anggota KPU dan Bawaslu terpilih hasil uji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi II bisa disetujui ?, dijawab serentak “ Setuju,” kemudian ketok palu dilakukan sebagai tanda persetujuan dan pengesahan anggota KPU dan Bawaslu tersebut.

Dengan pengesahan tersebut selanjutnya nama-nama komisioner KPU dan Bawaslu tersebut akan disampaikan kepada Presiden untuk segera dilantik menjadi anggota KPU dan Bawaslu periode 2017-2022. Taufik Kurniawan yang didampingi Wakil-wakil KetuaDPR  Agus Hermanto, Fadli Zon dan Fahri Hamzah selanjutnya memberikan ucapan selamat kepada 12 komisioner terdiri 7 komisioner KPU dan 5 komisioner Bawaslu dan berfoto bersama.

Ke tujuh anggota KPU terpilih tersebut adalah Pramono Ubaid Tanthowi, Wahtu Setiawan, Hasyim As’ari, Ilham Saputra, Viryan, Evi Novida Ginting Manik dan Arief Budiman. Sedangkan ke lima anggota terpilih Bawaslu adalah Ratna Dewi Pettalolo, Mochamad Afifuddin, Rahmat Bagja, Abhan dan Fritz Edward Siregar. (ind)