Dua paket calon pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) diajukan oleh sepuluh fraksi dalam sidang paripurna untuk memilih pimpinan MPR periode 2014–2019 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa malam.

Sepuluh fraksi itu terbelah dalam dua koalisi, yaitu Koalisi Merah Putih dan Koalisi Indonesia Hebat yang masing-masing mengusulkan paket pimpinan MPR.

Koalisi Indonesia Hebat yang dimotori PDIP menyampaikan paket pimpinan terdiri dari Oesman Sapta Odang yang berasal dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sebagai Ketua dan empat wakilnya yaitu Achmad Basarah (PDIP), Imam Nachrowi (PKB), Hasrul Azwar (PPP), dan Patrice Rio Capella (NasDem).

PDIP bersama koalisinya yaitu Partai Kebangkitan Bangsa, Partai NasDem, dan Partai Hanura. Sementara PPP yang sebelumnya berada di Koalisi Merah Putih menyeberang.

Fraksi Partai Hanura dalam kesempatan itu menyatakan tidak mengajukan calon dari kadernya, melainkan dari PPP, Hasrul Azwar, dan sepakat dengan paket dari partai politik Koalisi Indonesia Hebat.

Koalisi Merah Putih yang dimotori oleh Partai Gerindra mengajukan Zulkifli Hasan (PAN) sebagai Ketua. Sedangkan empat wakilnya yaitu Mahyudin (Partai Golkar), EE Mangindaan (Partai Demokrat), Hidayat Nur Wahid (PKS), dan Oesman Sapta Odang (DPD).

Sedangkan Kelompok DPD menyampaikan menerima semua usulan fraksi partai politik yang mengajukan Oesman Sapta Odang sebagai calon pimpinan MPR. (ant)