Mencermati perkembangan dan dinamika pasca keputusan Menkumham terkait dualisme ditubuh partai Golkar, Bendahara Umum Golkar, Bambang Soesatyo pesimistis islah antara kubu Aburizal Bakrie atau ARB dengan Agung Laksono akan tercapai.

“Saya pesimis bisa mencapai islah atau dapat selesai melalui meja perundingan Mahkamah Partai. Menurut saya jalan terbaik agar kekisruhan ini tidak berlarut-larut dan masing-masing pihak merasa benar sendiri, jalan hukum melalui pengadilan adalah yang terbaik,” kata Bambang di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, biarlah pengadilan memutuskan berdasarkan bukti-bukti dan dokumen yang ada, proses Munas mana yang sah berdasarkan ketentuan AD/ART Partai Golkar dan UU No. 2/2011 tentang Partai Politik dan Munas mana yang odong-odong.

“Karena Kemenkumham tidak berani membuka dan mengadu keabsahan data Munas Bali dan Munas Jakarta tersebut ke publik, maka di pengadilan sangat dimungkinkan data-data dan dokumen-dokumen kedua Munas itu dibuka secara transparan,” ujar anggota Komisi III DPR RI itu.(ant)