Indopolitika.com –  Tingkat keterpilihan atau elektabilitas calon Presiden Prabowo Subianto mengungguli Joko Widodo (Jokowi) di Jawa Timur dalam survei yang dilakukan Pusat Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) pada 20-24 Mei 2014.

Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Timur Soepriyatno, Kamis, mengatakan pasangan Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa diperkirakan akan memenangi Pilpres 2014 di Jawa Timur.

“Dalam survei dengan yang mengambil sampling responden dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur tersebut, elektabilitas pasangan Prabowo-Hatta sebesar 50,25 persen,” katanya.

Sementara, kata dia, elektabilitas pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla hanya 36,04 persen dan yang belum menentukan pilihan (swing voter) mencapai 13,17 persen.

“Berdasar survei terbaru yang dilakukan Puskaptis tersebut di Jawa Timur, Prabowo-Hatta unggul mutlak dari Jokowi-JK dengan selisih elektabilitas mencapai 14,21 persen,” katanya.

Menurut dia, salah satu faktor yang mengerek tingginya elektabilitas Prabowo-Hatta yang diusung Partai Gerindra, PAN, PPP, PKS, Golkar, dan PBB adalah masyarakat Jawa Timur menginginkan sosok pemimpin yang tegas dan berani mengambil sikap terhadap permasalahan bangsa yang kompleks.

“Selain itu, banyaknya dukungan tokoh nasional dan dukungan dari para ulama dan kiai di Jawa Timur juga jadi faktor yang menjadikan tingginya elektabilitas Prabowo-Hatta,” katanya.

Ia mengatakan, supaya elektabilitas terwujud dalam Pilpres 9 Juli nanti, maka semua elemen Tim Pemenangan Koalisi Merah Putih akan “all out” melakukan sosialisasi, kampanye, dan pendekatan kepada masyarakat di tingkat bawah.

“Pokoknya semua upaya akan kami lakukan untuk memenangkan pasangan Prabowo-Hatta di Jawa Timur,” katanya. (ind/ant)