Komisi Informasi Pusat (KIP) memberikan penghargaan keterbukaan informasi pada badan publik yang selama ini mengedepankan transparansi. Termasuk terhadap partai politik.

Menurut Ketua KIP Abdulhamid Dipopramono dari 12 partai politik hanya 4 yang mendapatkan nilai dan masuk kategori transparan.

“Dari 12 parpol yang diberikan kuesioner penilaian mandiri oleh Komisi Informasi, hanya 4 parpol saja yang mengembalikannya. Jadi mereka yang mendapatkan nilai keterbukaan informasi,” ujar Abdulhamid yang membacakan kategori penghargaan tersebut di hadapan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wapres, Jakarta, Jumat, (12/12).

Empat partai politik itu adalah Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang mendapatkan nilai tertinggi yaitu 57. Disusul Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan nilai 31. Dilanjut Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan nilai 22 dan Partai Amanat Nasional (PAN) nilai 16.

Abdulhamid mengatakan, seperti badan publik lainnya, keempat parpol tersebut melalui tahapan penilaian yaitu penilaian mandiri dan verifikasi website serta visitisasi. Hasil penilaian berdasarkan penilaian akhir dari kuesioner yang dikembalikan parpol pada KIP. Tidak ada politikus dari empat parpol itu yang hadir dalam pemberian penghargaan oleh wapres tersebut. Hanya ada PAN dan Gerindra yang diwakili kadernya.

Sementara itu, JK usai memberikan penghargaan mengaku turut mengapresiasi dan memberi selamat pada Partai Gerindra. Ia berharap parpol lainnya juga mengedepankan transparansi pada publik.

“Saya ucapkan selamat kepada kementerian, lembaga, BUMN, universitas, termasuk parpol yang dapat penghargaan. Termasuk Gerindra, karena jadi pemenang tunggal,” ujar wapres. (jp/ind)