Kapolri Jenderal Polisi Sutarman mengajukan empat orang perwira terbaik kepolisian untuk diseleksi menjadi ajudan mendampingi Presiden Joko Widodo.

Mereka adalah AKBP Bakharudin, Kombes Pol Listyo Sigit Prabowo, Kombes Pol Teddy Minahasa Putra dan Kombes Pol Agus Wijayanto, kata Sutarman dalam konferensi pers usai Apel Konsolidasi Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wapres 2014, di Jakarta, Rabu, 22 Oktober 2014.

Seorang ajudan presiden menurut dia, harus memiliki berbagai kriteria diantaranya cerdas, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan berintegritas tinggi. Hal itu karena selain menjadi perisai hidup presiden dari kemungkinan bahaya yang bisa mengancam, ajudan presiden juga harus mampu berkomunikasi dan memberikan pertimbangan kepada presiden tentang berbagai hal.

“Banyak aspek yang jadi pertimbangan, mulai dari aspek angkatan, aspek intelektualnya, integritasnya juga harus baik. Ajudan presiden itu selain sebagai perisai hidup presiden, dia juga sebagai tempat curhat presiden,” katanya.

Menurut dia, mengenai siapa nanti yang akan dipilih sebagai ajudan presiden sepenuhnya merupakan hak prerogatif presiden.

“Ajudan presiden itu seluruhnya hak prerogatif presiden, kami tentunya memilihkan putra-putra terbaik untuk diseleksi oleh beliau,” ujarnya. (ant)