Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai, Bahrain adalah salah satu negara sahabat di Kawasan Teluk, sejak dibukanya hubungan diplomatik tahun 1976. Hubungan bilateral kedua negara telah berlangsung dengan sangat baik, DPR RI mendukung dengan penuh berbagai upaya untuk meningkatkan hubungan kerjasama kedua negara, baik di bidang ekonomi, sosial, budaya, dan juga hubungan di bidang politik.

Dalam pidato jamuan makan malam dengan Delegasi Parlemen Bahrain di Hotel Fairmont, Kamis (30/3) malam, Fadli yang didampingi Ketua DPR Setya Novanto dan Ketua Badan Anggaran, BURT, BKSAP dan Pimpinan Komisi VII serta Sekjen DPR dan Kepala BKD,  mengatakan,  di bidang politik sesama negara yang mayoritas beragama Islam kedua negara melalui forum forum internasional termasuk forum antar parlemen, perlu terus bekerjasama mempromosikan perdamaian di berbagai kawasan dunia termasuk di Timur Tengah.

“Kita banyak menghadapi persoalan yang kompleks di era globalisasi ini, khususnya konflik yang terjadi di beberapa wilayah termasuk di Timur Tengah, seperti yang terjadi di Suriah dan negara negara di sekitar Timur Tengah. Semua pihak berperan untuk mengatasi masalah tersebut, sehingga terjadi perdamaian di kawasan itu,” tegas Fadli.

Terkait kerjasama Indonesia dengan Bahrain di bidang ekonomi, perlu peningkatan yang lebih baik lagi ke depan sehingga kerjasama benar benar dirasakan dengan kompak oleh kedua negara. Sedangkan hubungan antar parlemen, Pimpinan DPR Korpolkam ini menyatakan perlu ditingkatkan, Insya Allah nanti pada waktu yang akan datang  delegasi dari Ketua DPR RI untuk datang ke parlemen Bahrain. (pr/ind)