Film Dokumenter ‘Citizen Koch’ Ungkap Politik Uang di Amerika Serikat

Film dokumenter ini mengangkat dampak aliran dana kampanye mencalonkan diri sebagai gubernur Wisconsin.


Indopolitika.com  Film dokumenter “Citizen Koch” karya sineas Carl Deal dan Tia Lessin, mengangkat dampak aliran dana kampanye dari biliuner Charles dan David Koch untuk kampanye Scott Walker dari Partai Republik yang mencalonkan diri sebagai gubernur Wisconsin.

Dalam dokumenter “Citizen Koch,” sineas Carl Deal dan Tia Lessin memusatkan perhatian pada pengaruh kakak beradik miliuner Charles dan David Koch yang mendanai kampanye pemilihan ulang gubernur Scott Walker dari Partai Republik pada tahun 2012.

Menurut dokumenter itu, kebijakan Tea Party yang menaungi Walker dipengaruhi oleh uang kampanye korporat.

Dokumenter itu menunjukkan bahwa setelah putusan Mahkamah Agung tahun 2010 melonggarkan pembatasan donasi kampanye, maka donor-donor kaya dapat mempengaruhi pemilu di balik layar. Kelompok-kelompok penerima uang tidak perlu mengungkapkan dimana atau siapa, asal aliran dananya.

Menurut sineas Tia Lessin, jika penduduk Wisconsin sadar bahwa uang korporat berada di balik kampanye Walker, mereka mungkin tidak memilihnya.

“Dia memberikan kelonggaran pajak korporat yang besar, kelonggaran pajak kepada orang-orang kaya, memangkas layanan sosial dan ingin menghapuskan serikat pekerja,” jelasnya.

Tetapi “Citizen Koch” juga menunjukkan bagaimana politik uang yang besar dapat berakibat di luar dugaan.

(Penelope Poulou/VOA Indonesia)

Next post Pilpres dan Media Sosial

Previous post Partisipasi Politik Pemilih Muda di Pemilu 2014 Cenderung Rendah

Related Posts