Ceu Popong yang bernama lengkap Popong Otje Djunjunan tiba-tiba menjadi trending topik Indonesia di media sosial twiter. Adalah Walikota Bandung Ridwan Kamil yang pertama kali menuliskan tagar #SaveCeuPopong melalui akun twitter pribadinya @ridwankamil.

“Hidup Ceu Popong. tegas dan bodor,” tulis wali kota Bandung Ridwan Kamil, (1/10).

Setelah itu, Ridwan Kamil menuliskan #SaveCeuPopong. tak ayal banyak yang meretweet dan membalas kicauan pria yang biasa disebut Kang Emil itu.

Sementara itu, Mantan wakil Gubernur Jawa Barat yang saat ini duduk kembali di senayan dari Partai Demokrat Dede Yusuf M.E juga mentwitkan tentang Ceu Popong. Dia memuji sikap Ceu Popong, meskipun di usianya yang sudah cukup berumur dan dikeroyok anggota dewan, Ceu Popong tetap tenang.

“Hebat bunda kita ceu Popong, usia 76 th jadi pimpinan sidang ttp tenang biar dikeroyok bapak2 dewan lain,” cuit ‏Dede yusuf melalui akun twitternya @dedeyusuf_1.

Lalu mengapa Ceu Popong ramai diperbincangkan? Ceu Popong sejak pagi Rabu menjadi pimpinan rapat di DPR. Ceu Popong sebagai anggota tertua, yang berusia 76 tahun sesuai tatib DPR untuk sementara menjadi pimpinan, hingga terpilih Ketua DPR definitif.

Gayanya yang kalem dan khas membuat sidang DPR yang panas menjadi sedikit santai. Apalagi dengan kata-kata bahasa sunda yang tercampur dalam kalimat yang diucapkannya.

“Duduk atuh”, atau “Paluna euweuh”. Ucapan-ucapan Ceu Popong itu yang membuat suasana sidang menjadi menghibur. Kericuhan yang dibuat anggota DPR pun seolah kalah oleh aksi Ceu Popong. (dt/ind)