Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengajak seluruh anak bangsa berjuang dan bergotong-royong demi Negara Kesatuan Republika Indonesia (NKRI). Perjuangan yang dimaksud Gatot adalah masyarakat Indonesia agar tidak terpecah belah dan negara bisa terus membangun. Itu tak lain karena menurutnya, persatuan bangsa harus terus dipelihara dan dijaga dengan baik.

Persatuan tersebut, menurutnya bisa dipelihara dengan menghilangkan egosentris pribadi dan kelompok sehingga dapat menghadirkan nilai luhur Bhinneka Tunggal Ika yang hakiki. Bhinneka Tunggal Ika itulah yang memurutnya adalah pemersatu Bangsa Indonesia.

“Bhinneka Tunggal Ika adalah Centre of Gravity yang harus dipegang, jangan sampai lepas sebagai pemersatu bangsa dan Bung Karno pernah mengatakan, pekerjaanku lebih mudah karena mengusir penjajah dan perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri,” kata Gatot dalam siaran persnya, Kamis (29/12/2016).

Gatot juga mengharapkan, para pemuda dapat berdiri paling depan untuk menjaga kedaulatan bangsa dengan cara berjuang dan bergotong royong. Itu tak lain karena menurutnya, TNI saja tidak cukup untuk menjaga kedaulatan bangsa.

Menurutnya, perlu ada dukungan dari rakyat, sehingga harapan menjaga NKRI bisa terwujud. “TNI tidak bisa berjuang sendiri untuk menjaga NKRI, harus bersama-sama rakyat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bersama TNI,” ucap Gatot. (ind)