Saat ini, Indonesia membutuhkan alat utama sistem persenjataan terbaik di dunia untuk mendukung kemampuan Tentara Nasional Indonesia (TNI) demi menjaga dan melindungi kedaulatan negara.

“Kita doakan semoga pejabat-pejabat negara ini sadar bahwa ancaman semakin jelas dan kita perlu memiliki alat utama sistem persenjataan (alutsista) nomor satu di dunia,” ujar Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo usai berziarah di Makam Panglima Besar Jenderal Soedirman di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara, Yogyakarta, Selasa (19/9/2017).

Menurut Panglima TNI, Indonesia dengan wilayah yang sangat luas perlu dijaga dengan dukungan alutsista yang memadai. “Kita kan tahu luas wilayah kita bukan main, sehingga harus dijaga bukan hanya dengan doa saja,” ujar Gatot.

Karena itu, Panglima TNI berharap pengadaan alutsista dengan kualitas terbaik segera direalisasikan. Apalagi, pengadaan alutsista itu, juga telah diperintahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Presiden sudah memerintahkan 18 bulan yang lalu, TNI hanya memberikan spek (spesifikasi) saja,” ujar Gatot.

Pembelian pesawat TNI, menurut Panglima TNI, harus dipastikan bisa digunakan untuk bertempur dan dilengkapi dengan senjata yang lengkap.

“Jangan kita membeli pesawat yang tidak ada senjata, senjatanya pura-pura. Jumlahnya (pesawat) seribu tapi kalau tidak punya senjata, itu untuk demonstrasi saja,” ujarnya. (jpp/ind)