Jakarta –  Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dilantik Presiden Jokowi sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (16/10).

Dikutip dari Antara, Mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat tidak tampak hadir dalam upacara pelantikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan wakilnya Sandiaga Uno.

Beberapa tokoh politik nasional ikut menghadiri  upacara pelantikan Anies-Sandi, di antaranya Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto, mantan pesaing Anies-Sandi di kursi gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono, serta Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang. Selain itu tampak juga hadir, para menteri Kabinet Kerja. Demikian dilansir dari Antara.

Anies pernah berada di ruangan Istana ini dimana ia dilantik sekarang, ketika dulu ia dilantik menjadi menteri pendidikan dan kebudayaan pada kabinet pertama Jokowi, pada 2014. Jabatan menteri Anies Baswedan lalu digantikan oleh Muhadjir Effendy yang diangkat menjadi  Mendikbud Juli tahun lalu. Sementara Sandiaga Uno berlatarbelakang pengusaha yang   dalam pemilu presiden 2014 bersebrangan dengan kubu Jokowi-JK.

Anies pernah berdiri di ruangan di mana dia dilantik hari ini, saat dia dilantik menjadi menteri pendidikan dan kebudayaan pada kabinet pertama Jokowi, pada 2014.

Anies dan Sandi kini sudah resmi menjadi pemimpin baru DKI Jakarta. Sebagai Ibukota, tentunya banyak program pemerintah daerah  DKI Jakarta yang bersinergi dengan pemerintahan pusat. (DW)