Proyek-proyek besar di Provinsi Kepri dalam radar Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri. Apabila tidak selesai, ataupun selesai tetapi tidak sesuai dengan spesifikasinya. Kejati Kepri segera bertindak, karena sudah terindikasi adannya dugaan korupsi.

“Semua proyek-proyek penting, masuk dalam pengawasan kami,” ujar Kepala Kejati Kepri, Sudung Situmorang kepada wartawan belum lama ini.

Disebutkannya, ada beberapa proyek penting seperti pembangunan Jembatan I Dompak, pembangunan Pelabuhan Dompak, pembangunan Bandara Letung, dan Pelabuhan Pulau Laut. Dijelaskannya, sebagai pihak yang ikut bertanggungjawab dalam keberhasilan pembangunan, maka pengawasan terus dilakukan secara terus menerus.

“Tugas kami bukan hanya pada proses sidik menyidik kasus. Tapi kami juga harus mengantarkan keberhasilan pembangunan,” jelas Sudung.

Lebih lanjut katanya, meskipun saat ini sudah ada kerjasama dengan Pemprov Kepri dalam hal pengwasan. Akan tetapi, pihaknya tidak segan-segan untuk bertindak. Atas dasar itulah, sebelum terjadi hal-hal yang diluar dugaan, pihaknya sangat berharap Pemprov Kepri ataupun Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) terkait untuk transparan.

Sementara itu, Gubernur Kepri, Muhammad Sani menyambut baik keinginan Kejati Kepri. Gubernur juga punya keinginan yang sama. Yakni pembangunan di Kepri ini berhasil dengan baik. Apalagi menyangkut kegiatan-kegiatan penting yang ada didaerah. Menurutnya, pembangunan memang membutuhkan pengawasan bersama.

“Kita memang harus bersama-sama melakukan pengawasan terhadap pembangunan. Dengan begitu, pembangunan akan lebih baik,” ujar Gubernur menambahkan. (bp/ind)