Mahkamah Konstitusi (MK) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akan mengumumkan hasil persidangan yang mereka selenggarakan, seputar Pilpres 2014. Ujung jalan panjang kompetisi Pemilihan Presiden 2014 akan ditentukan hari ini.

Hari ini, Kamis (21/8/2014), akan menjadi salah satu titik penting dalam sejarah politik negara Indonesia. Dua lembaga yang melakukan persidangan seputar gugatan dan permasalahan Pilpres 2014 akan mengumumkan hasil putusannya pada hari yang sama.

MK akan mengumumkan keputusan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) yang diajukan Prabowo-Hatta, pada Sidang Putusan Sengketa Pilpres 2014. Sedangkan DKPP akan mengumumkan putusan dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara Pilpres 2014, pada sidang Putusan Perkara Dugaan Kode Etik KPU dan Bawaslu RI terkait Pilpres 2014.

Sidang Putusan Sengketa Pilpres 2014 akan diselenggarakan MK pada pukul 14.00. Hasil yang akan dikeluarkan 9 hakim MK usai sidang panjang sejak 6 Agustus ini, akan memberi pengaruh besar bagi Indonesia. Apa pun hasilnya.

Bila MK mengabulkan gugatan Prabowo-Hatta, Pemilu ulang akan diselenggarakan. Sedangkan jika MK menggugurkan gugatan, maka Jokowi-JK secara mutlak menjadi pasangan Presiden dan Wakil Presiden untuk periode 2014-2019.

Sementara itu, DKPP akan menggelar sidang Putusan Perkara Dugaan Kode Etik KPU dan Bawaslu RI terkait Pilpres 2014. Pembacaan keputusan ini hanya beberapa jam sebelum sidang putusan MK. Keputusan DKPP akan dibacakan pada pukul 11.00 WIB dan bertempat di Kantor Kementerian Agama RI.

Walau dibacakan pada hari yang sama, putusan kedua lembaga ini tidak saling berkaitan dan saling mempengaruhi. Hasil sidang DKPP tidak akan mempengaruhi hasil sidang MK. Begitu juga sebaliknya.