Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri resmi mengumumkan hasil pemilihan gubernur dan wakil gubenur Kepri 2015. Pasangan nomor urut 1, HM Sani-Nurdin Basirun (Sanur) menjadi pemenang dengan perolehan 347.515 suara.

“Unggul 41.827 suara dari pesaingnya Soerya-Ansar yang hanya memperoleh 305.688 suara,” kata Ketua KPU Kepri, Said Sirajudin ketika memimpin sidang pleno rekapitulasi perhitungan suara Pilgub Kepri 2015 di Asrama Haji Tanjungpinang, Jumat (18/12).

Jumlah suara ini tidak jauh beda dengan hasil hitung TPS (form C1) yang ditampilkan di laman KPU, https://pilkada2015.kpu.go.id.

Said menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama dalam mensukseskan jalannya pelaksanaan Pilkada serentak di Kepri tahun 2015. Khususnya kepada aparat TNI-Polri yang turun mengawal jalannya pelaksanaan pilkada di Kepri.

“Tak lupa juga kami mengucapkan terima kasih kepada para saksi dari masing-masing pasangan calon yang hadir,” ucapnya.

Proses rekapitulasi, Jumat (18/12) sempat diwarnai protes dari saksi pasangan calon (paslon) nomor urut 2. Mereka keberatan dengan pelaksanaan pilkada serentak di Tanjungpinang dan Kota Batam.