Palembang, – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kota Palembang disambut baik masyarakat Palembang, untuk tahun 2017 ini merupakan hari jadi yang ke-1334. Dalam kesempatan ini, Calon walikota Palembang 2018 Mularis Djahri menyampaikan, peringatan hari jadi kota Palembang harus dijadikan momentum untuk bersyukur sekaligus bertekad menjadikan Palembang sebagai kota cerdas.

“Palembang ini sudah berusia cukup tua, bayangkan sudah 1334 tahun, coba kita perhatikan dengan seksama. Apakah kehidupan di kota ini sudah nyaman, aman, tentram? Ini tentu harus kita jawab bersama. Menjawabnya adalah dengan tekad membentuk Palembang baru, yaitu kota yang menerapkan standar pelayanan yang baik, berbasis teknologi informasi dan ramah guna,” ujar Mularis, Palembang Jum’at (16/06/2017).

Selain itu, Mularis yang sudah mendaftar ke beberapa partai politik untuk menjadi peserta Pilkada Palembang 2018 ini menegaskan, dirinya siap membawa Palembang sejajar dengan kota-kota besar lain di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.

“Harusnya bisa, kita bisa sejajar. karena infrastruktur lumayan lengkap, tinggal menerapkan standar pelayanan berbasis smart service dan membangun kultur smart living, dimana warga kota terbiasa hidup efisien, efektif, tidak ribet, tidak njelimet, mudah dan cepat. Teknologi digunakan sebagai alat transaksi dan pelaksanaan hak dan kewajiban warga,” tegas Mularis.

Mularis Djahri juga mengajak semua pihak untuk mengentaskan bersama-sama segala bentuk kemiskinan di kota. “Palembang harus sejahtera. Ini ibu kota kita, ibu kota provinsi Sumsel, jangan lagi kita saksikan banyak peristiwa kriminalitas karena faktor kemiskinan. Kemiskinan hafus dieliminir, dikurangi, syukur jika bisa ditiadakan. Ada standarnya secara internasional, mengenai garis kemiskinan. Kita harus bisa mengentaskannya,” pungkasnya. -*(Zen/Fay)

“Kota Palembang merupakan kota tertua di Indonesia berumur setidaknya 1382 tahun jika berdasarkan prasasti Sriwijaya yang dikenal sebagai prasasti Kedudukan Bukit. Menurut Prasasti yang berangka tahun 16 Juni 682.

Palembang juga pernah menjadi ibu kota kerajaan bahari Buddha terbesar di Asia Tenggara pada saat itu, Kerajaan Sriwijaya, yang mendominasi Nusantara dan Semenanjung Malaya pada abad ke-9, juga membuat kota ini dikenal dengan julukan “Bumi Sriwijaya”.

Selain itu, Palembang juga pernah menjadi salah satu kota pelaksana pesta olahraga dua tahunan se-Asia Tenggara yaitu SEA Games XXVII Tahun 2011. dan di tahun 2018 nanti Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games XVIII.”