Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) di  Terminal Selatan Lapagan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, Minggu (9/4).

Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo berfoto bersama dengan 152 pilot pesawat tempur TNI AU.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara juga berkesempatan menaiki sejumlah pesawat tempur TNI AU yang sedang terparkir. Salah satunya adalah pesawat Sukhoi yang merupakan salah satu pesawat tempur TNI AU.

Di dalam kokpit pesawat Sukhoi 27/30 Flanker, Presiden menyempatkan diri untuk memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada TNI AU. Ia memberikan apresiasi kepada jajaran TNI AU yang telah menjalankan perannya sebagai penjaga wilayah udara Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Selamat Hari Ulang Tahun ke-71 TNI Angkatan Udara. Terima kasih telah menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah udara Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Presiden sebagaimana disampaikan oleh Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi, Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Tak lupa, Kepala Negara juga berpesan agar jajaran TNI AU terus menjadi tentara profesional yang dicintai rakyat.

“Teruslah menjadi tentara yang profesional yang dicintai rakyat,” ucapnya.

Sebelum meninggalkan tempat, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyalami sejumlah pilot pesawat tempur yang sedang menyanyikan yel-yel dengan semangat.

Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kunjungan tersebut, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. (rls/ind)