Indonesia Corruption Watch (ICW) mengungkapkan, saat ini tercatat ada sekitar 36 calon anggota legislatif terpilih yang terjerat kasus hukum. Terutama kasus tindak pidana korupsi.

“Ada yang sudah menjadi tersangka, terdakwa dan ada juga yang terpidana,” ujar Koordinator Divisi Monitoring Hukum dan Peradilan ICW, Emerson Juntho, Minggu, (7/9).

Meski demikian, Emerson mengaku pihaknya belum dapat merinci secara lengkap nama-nama caleg yang dimaksud karena datanya masih dikumpulkan. Satu dari nama-nama itu adalah Menteri ESDM Jero Wacik yang juga telah terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019.

“Nanti akan kami paparkan pekan depan terkait nama-nama itu. Jero termasuk salah satunya,” imbuhnya.

Dari penelusuran, ada beberapa caleg terpilih yang terkait kasus korupsi. Herdian Koosnandi Caleg DPR RI Dapil 3,  Banten, Tangerang Raya. Herdian Koosnadi dari PDIP ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung dalam dugaan korupsi Puskesmas di Tangsel tahun anggaran 2010-2011. Herdian ditetapkan sebagai tersangka dalam jabatannya sebagai Komisaris PT Mitra Karya Rattan.

Ada pula nama Idham Samawi, caleg terpilih DPR RI dari PDI Perjuangan yang menyandang status tersangka korupsi. Idham menjadi tersangka korupsi dana bantuan sosial di Kabupaten Bantul yang kasusnya kini disidik Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Caleg lainnya adalah Sukarso. Ia adalah caleg terpilih DPRD Jember dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), untuk periode 2014-2019. Dia berangkat dari Daerah Pemilihan (Dapil) satu Kabupaten Jember.

Sukarso tersandung kasus dugaan korupsi Anggaran Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2012 dan anggaran insentif untuk RT/RW. Itu dilakukan saat ia menjabat sebagai kepala Desa Arjasa, Kecamatan Arjasa. Dia diduga kuat menyalahgunakan dana sebesar Rp 235 juta yang bersumber dari ADD setempat. (jp/ind)