Bandung – Lembaga survei Indo Barometer memprediksi Pilgub Jabar akan diramaikan oleh tiga atau empat pasangan. Hal ini berdasarkan pengamatan Indo Barometer dari persepsi elite politik saat ini.

Hal ini terungkap dalam rilis Indo Barometer soal ‘Peta dan Profil Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar 2018’ di Hotel Aston Braga, Jalan Braga, Kota Bandung, Seperti yang dikutip dari laman Detik.com Jumat (3/11/2017).

Perwakilan Indo Barometer Hadi Suprapto R mengatakan tiga pasangan yang berpeluang meramaikan Pilgub Jabar itu ada Ridwan Kamil yang didukung oleh Nasdem, PKB, PPP dan Golkar.”Wakilnya saat ini ada Uu Ruzhanul Ulum (PPP) dan Daniel Mutaqien (Golkar),” kata Hadi dalam pemaparannya.

Pasangan lainnya juga ada pasangan Deddy Mizwar – Ahmad Syaikhu akan didukung oleh PAN, PKS dan Gerindra. Sementara poros PDIP untuk pasangannya masih dalam penggodokan.”Awalnya ada 10 orang, tapi update tadi malam sudah ada tiga nama yang mengerucut didukung oleh PDIP. Ada Dedi Mulyadi, Anton Charliyan dan Iwa Karniwa. Wakilnya masih belum jelas,” ungkap dia.

Lebih lanjut dia mengatakan skenario empat pasangan itu terdiri dari poros Nasdem, PKB dan PPP mendukung pasangan Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum. Sementara poros PAN, PKS dan Gerindra tetap Demiz dan Syaikhu.

Sementara PDIP diprediksi memilih tiga nama yang mengkuti seleksi lewat ‘Curah Gagasan’ beberapa waktu lalu seperti Dedi Mulyadi, Anton Charliyan, dan Iwa Karniwa. Sementara Golkar akan bersama Demokrat dan Hanura.”Kalau Golkar maju sendiri, diprediksi bersama Demokrat dan Hanura mendukung Dedi Mulyadi dan wakilnya antara Iwan Sulandja, Dede Yusuf dan Irfan Suryanagara,” kata Hadi.