Jakarta – Pemerintah tengah melakukan penjajakan kerja sama di bidang transportasi udara dan perkeretaapian dengan pemerintah Afrika Selatan (Afsel).

Hal itu diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi setelah Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Afrika Selatan, Jacob Gedleyehlekisa Zuma usai menghadiri perhelatan IORA kemarin.“Presiden Zuma dan delegasi Afsel menyatakan senang berkunjung ke Indonesia dan mengapresiasi pemerintah Indonesia. Beberapa hal yang akan kita jajaki dengan Afsel adalah kerjasama bidang penerbangan, dan perkeretaapian di Kalimantan,” jelas Menhub Budi.

Menhub mengungkapkan saat ini sudah ada perusahaan Afsel yang tertarik untuk berinvestasi membangun perkeretaapian di Kalimantan untuk angkutan batubara.“Di Afsel itu bidang pertambangannya juga sudah maju. Jadi nanti akan ada satu perusahaan disana yang akan ketemu untuk membahas kerjasama angkutan KA batubara di Kalimantan,” ujarnya.

Kementerian Perhubungan akan mengkaji lebih dalam kerjasama tersebut dan membahas secara detail perjanjian atau MoU dengan Afsel agar semuanya jelas.

Menhub menjelaskan,  Presiden Jokowi menginginkan Indonesia bisa menjadi hub Afsel ke negara-negara Asia, sebaliknya Indonesia akan menjadikan Afsel sebagai hub Indonesia ke negara-negara Afrika.

Sementara Dubes Indonesia untuk Afsel Suprapto Martosetomo menambahkan  banyak sekali peluang bisnis dengan Afael yang bisa dimanfaatkan Indonesia.“Afsel sudah maju dalam teknologi. Untuk sektor kereta api kita bisa masuk kesana melalui Inka, untuk mengembangkan sektor perkeretaapian di Afsel,” jelas Dubes.