Indonesia dan Portugal sepakat untuk meningkatkan hubungan kedua negara, baik hubungan Pemerintah maupun Parlemen antar kedua negara. Peningkatan hubungan itu melalui penguatan bidang politik, ekonomi dan kebudayaan.

Demikian ditekankan Wakil Ketua DPR Bidang Korinbang, Agus Hermanto, usai menerima kunjungan Duta Besar Portugal untuk Indonesia, Rui Fernando Suceno Do Carmo, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (27/3/2017). Dalam pertemuan itu, Agus didampingi Ketua BKSAP DPR Nurhayati Ali Assegaf (F-PD), Wakil Ketua BKSAP DPR Syaifullah Tamliha (F-PPP), dan Anggota BKSAP DPR Anthon Sihombing (F-PG).

“Pemerintah Indonesia dan Portugal sepakat untuk memperkuat bidang politik, ekonomi dan juga kebudayaan. Apalgi kita ketahui beberapa saat yang lalu, Portugal pernah mengalami kesulitan ekonomi, dan mereka akan memberikan gambaran penyelesaian masalah pada bidang ekonomi,” jelas Agus.

Sementara terkait hubungan Parlemen, Agus pun berharap hubungan kedua negara ini semakin ditingkatkan. Apalagi DPR sudah membentuk Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) dengan Parlemen Portugal. Parlemen Portugal pun akan membentuk GKSB Portugal Indonesia.

“Dalam waktu yang tidak terlalu lama, tahun ini GKSB Indonesia akan mengunjungi Portugal, dan kan diusahakan bertemu dengan Parlemen Portugal,” imbuh politisi F-PD itu, sembari mengatakan pihaknya juga mendorong agar hubungan ekonomi ditingkatkan, mengingat masih kecilnya neraca perdagangan kedua negara.

Selain itu, dalam pertemuan itu juga dibahas mengenai rencana kedatangan Presiden Portugal ke Indonesia. “Sehingga tadi juga disampaikan agar kami semua menyiapkan kedatangan tersebut, supaya kedatangan memberikan manfaat dan perbaikan bagi hubungan antara kedua negara,” tutup politisi asal dapil Jawa Tengah itu. (rls/ind)