Indopolitika.com   Sebuah aplikasi Facebook mampu menunjukkan bagaimana kegaduhan pengguna Facebook dalam membicarakan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Indonesia mendatang, Prabowo Subianto – Hatta Rajasa vs Joko Widodo – Jusuf Kalla.

Aplikasi itu bertajuk Facebook Suara Indonesia. Aplikasi dari Facebook Indonesia ini dikembangkan bersama Bubu.com dan telah aktif sejak 17 Juni 2014. Aplikasi ini akan meranking kandidat RI-1 dan RI-2 melalui jumlah perbincangan di Facebook.

Pihak Bubu memperkirakan ada sekitar 70 persen percakapan mengenai Pemilihan Presiden kali ini terjadi di Facebook, dibandingkan media sosial lainnya. Diharapkan aplikasi ini bisa membantu memvisualkan seberapa besar para kandidat dibicarakan di Facebook.

“Ada sekitar 69 juta orang di Indonesia yang aktif di Facebook per bulannya. Kami fokus untuk memberikan kekuatan pada masyarakat untuk berbagi dan menjadikan dunia lebih terbuka dan terhubung,” kata Anand Tilak, Head of Facebook Indonesia.

Aplikasi ini, lanjutnya, diharapkan bisa membantu masyarakat Indonesia melihat bagaimana tren para kandidat dari saat ini hingga hari Pemilihan Presiden nanti.

Ingin tahu seperti apa “kegaduhan” Capres di Facebook? Silahkan akses Indonesia Election Tracker. (trb/ind)