Indopolitika.com – Presiden terpilih Joko Widodo mengungkapkan beberapa kriteria yang diperlukan untuk memilih seorang menteri masuk dalam kabinetnya.

“Kriteria tentu saja. Leadershipnya kuat, punya kompetisi, baik secara manajerial dan mengerti manajemen administrasi pemerintahan, bersih dan mau melayani,” ujar Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi usai menghadiri acara buka bersama di kediaman Menko Perekonomian Chairul Tanjung, di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/7/2014).

Pria yang kini kembali menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan akan memilih orang-orang yang berkompeten mengisi kabinetnya dengan mengadopsi lelang jabatan seperti yang ia lakukan di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Baca juga: Inilah Nama-Nama Kandidat Menteri Kabinet Jokowi-JK

“Iya kurang lebih seperti itu,” kata mantan Wali Kota Solo ini.

Jokowi juga menampik bahwa kalangan profesional yang akan ia rekrut harus murni profesional, bukan yang tergabung dalam partai politik.

“Kami enggak pakai murni atau enggak murni, yang penting profesional jangan dipisah-pisah antara partai dan partai. Harus konsentrasi terhadap kabinet,” kata Jokowi. (tbn/ind)