Ketua Umum Partai Demokrat periode 2015-2020 Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan susunan Pengurus Pusat Partai Demokrat Tahap Pertama. Susunan kepengurusan tahap pertama ini merupakan hasil rumusan formatur yang telah dibentuk setelah usainya Kongres PD 2015 di Surabaya.

“Sebagaimana diketahui sebagai Ketua Umum Partai Demokrat 2015-2020, saya telah membentuk formatur yang merupakan amanah dari Kongres sekaligus amanah AD/ART Partai Demokrat. Formatur terdiri 9 orang, yakni saya sebagai ketua formatur, dan 8 lainnya yang merepresentasikan para pimpinan penyelengara kongres dan daerah se-Indonesia,” demikian disampaikan SBY dalam pernyataan pers yang dilakukan di Multifunction Hall Raffles Hills Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (30/5/2015).

Ke-8 formatur lainnya adalah Ketua Pimpinan Sidang Kongres IV PD EE Mangindaan, Ketua Steering Committee Kongres IV PD Syariefuddin Hasan, Ketua Organising Committee Kongres IV PD Edhie Baskoro Yudhoyono, Koordinator Penyusunan AD/ART PD Amir Syamsuddin, Anggota Tetap Majelis Tinggi PD Ventje Rumangkang (SBY dan Ventje atas jasa menggagas dan mendirikan PD telah ditetapkan sebagai Anggota Tetap MTPD), Ketua DPD-PD Jatim Soekarwo, Ketua DPD-PD NTB Zainul Majdi, dan Ketua DPD-PD Jambi Hasan Basri Agus. Seluruh formatur mendampingi SBY dalam pernyataan pers tersebut kecuali Hasan Basri yang berhalangan hadir.

Dalam penyusunan pengurus tahap pertama tersebut, masing-masing anggota formatur menyampaikan 50 nama yang dipandang layak menjadi pengurus pusat atau pengurus inti di PD. Seluruh anggota formatur mengajukan 50 nama pilihannya kecuali SBY karena SBY ingin memberi kebebasan bagi ke-8 anggota formatur.

“Rujukan dan dasar pembentukan kepengurusan ini adalah AD/ART hasil Kongres PD 2015 di Surabaya. Kedua lima agenda utama PD dalam periode 2015-2020,” SBY menjelaskan.

Kelima agenda utama PD pada intinya adalah:

Pertama, Modernisasi Partai Demokrat, meliputi: infrastruktur baik fisik maupun sistem dan teknologi informasi; kultur, termasuk pembinaan internal dan prilaku kader; kaderisasi, termasuk regenerasi dan peningkatan kapasitas.

Kedua, Peningkatan kepemimpinan dan manajemen, mencakup pendidikan dan pelatihan bagi kader Partai Demokrat, atau leadership, 3-8 minggu, dengan sasaran 5 ribu kader utama, baik pusat maupun daerah selama 5 tahun. Dan peningkatan manajemen pusat dan daerah agar Partai Demokrat benar-benar menjadi partai modern

Ketiga, Peningkatan pengabdian kepada rakyat. Untuk rakyat, Partai Demokrat peduli dan beri solusi. Peningkatan pengabdian kepada rakyat akan dilaksanakan melalui kader di jajaran eksekutif, di lembaga legislatif, di jajaran struktur mulai dari pusat sampai daerah dan melalui kader Partai Demokrat melalui perseorangan.

Keempat, Penyuksesan pilkada, meliputi pemilihan calon terbaik yang berintegritas, kapasitas, elektabilitas. Mengutamakan kader. Menjalankan pilkada langsung dengan perbaikan sesuai dengan Perppu Presiden SBY yang kini telah menjadi Undang-undang tentang pilkada langsung dengan perbaikan-perbaikan yang mendasar.

Kelima, Penyuksesan Pemilu 2019. Sasaran Partai Demokrat adalah berjaya kembali dalam Pemilu 2019 dengan tetap melaksanakan politik yang cerdas dan beretika. Bukan politik yang buruk. Dan Partai Demokrat siap berkompetisi secara sehat dan ksatria.

“Lima agenda itulah yang mendasari struktur pusat Partai Demokrat, agar perjuangan dalam lima tahun ini bisa berhasil,” SBY menyampaikan.

SBY juga menggarisbawahi ada 4 elemen utama dalam kepengurusan pusat yakni Majelis Tinggi PD (lembaga tertinggi di PD), Dewan Pimpinan Pusat PD, Dewan Pembina PD, dan Dewan Kehormatan PD yang mencakup mahkamah partai dan komisi pengawas.

Susunan Pengurus Pusat Partai Demokrat Tahap Pertama:

Ketua Umum: Susilo Bambang Yudhoyono

Wakil Ketua Umum:

  1. Syariefuddin Hasan
  2. Roy Suryo
  3. Djoko Udjianto
  4. Nurhayati Ali Assegaf
  5. Cornel Simbolon
  6. Mohammad Jafar Hafsah?

Sekretaris Jenderal: Hinca Pandjaitan

Wakil Sekretaris Jenderal:

  1. Didi Irawadi Syamsuddin
  2. Andi Timo Pangerang
  3. Putu Supadma Rudana
  4. Saan Mustopa
  5. Rachland Nashidik
  6. Teuku Riefky Harsya
  7. Vera Febyanthi
  8. Ikhsan Modjo
  9. Bambang Susanto.

Bendahara Umum: Indrawati Sukadis.

Wakil Bendahara Umum:

  1. Agung Budi Santoso
  2. Siswanto
  3. Sesdawati
  4. Edwin Tanjung
  5. Fariani Sugiharto
  6. Hanan Soeharto
  7. I Putu Sudiartana

Direktur Eksekutif: Fadjar Sampurno

Ketua Dewan Pembina: EE Mangindaan

Ketua Dewan Kehormtan: Amir Syamsudin.

SBY menegaskan, nama-nama di atas adalah susunan pengurus tahap pertama. SBY akan membentuk dan mengumumkan susunan pengurus selengkapnya sekaligus melantik para pengurus pusat pada Juni 2015. (pd/ind)