Bakal Calon Presiden Indonesia, Joko Widodo mendapatkan sejumlah rekomendasi nama-nama untuk menempati posisi-posisi di pemerintahannya jika dia menang dalam Pilpres 2014.
Rekomendasi tersebut diberikan oleh para personil Band Slank, saat Jokowi menyambangi markas Slank di Gang Potlot, Jalan Raya Pasar Minggu, Selasa 27 Mei 2014.
“Jokowi datang ke Potlot, kami ingin ngasih ide ada beberapa nama, 46 nama yang negarawan, yang bisa jadi gambaran. Insya Allah bisa jadi pemimpin kita,” kata Drummer Slank, Bimbim.
Jokowi menyebut nama-nama yang direkomendasi tercantum dalam ‘revolusi cinta’ yang diberikan Slank. Rekomendasi nama itu termasuk dari lima lembar masukan-masukan ide dari Slank kepada Jokowi.
Terkait nama yang direkomendasikan Slank, Jokowi mengatakan beberapa di antaranya dinilai cocok untuk dimasukan di dalam pemerintahannya. Jokowi awalnya enggan menyebut nama-nama yang dimaksud.
Namun, setelah didesak, akhirnya Jokowi menyebutkan satu nama. “Salah satu namanya pak Anies Baswedan,” kata dia.
Terkait kedatangannya yang untuk kesekian kalinya ke Potlot, Jokowi menuturkan setidaknya ada tiga alasan utama. Pertama, karena Slank gencar mengampanyekan gerakan anti golput. Kedua, Slank konsisten mengampanyekan anti korupsi.
“Kemudian yang ketiga, Slank adalah contoh revolusi mental, anak-anak yang produktif,” kata Jokowi. (vn/ind)